Find Us On Social Media :

Ternyata China Sudah Ancang-ancang Siapkan Diri ke 2 Edisi Olimpiade Sekaligus

Peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004 asal China, Zhang Jun (kanan).

SportFEAT.com - Jelang akhir tahun, China mengungkap rencana jangka panjang mereka yang telah mempersiapkan diri menuju dua olimpiade sekaligus, Olimpiade Paris 2024 dan Olimpiade Los Angeles 2028.

Keseriusan Asosiasi Bulu Tangkis China untuk bangkit jelang Olimpiade Paris 2024 bukan isapan jempol belaka.

Setelah mendapati tahun yang kurang bagus dalam tiga tahun terakhir akibat pandemi, China perlahan menyusun strategi jelang dua edisi olimpiade sekaligus.

Ya, saat ini China bahkan tak hanya mempersiapkan diri untuk Olimpiade Paris 2024, tetapi juga untuk Olimpiade Los Angeles 2028.

Sepanjang tahun 2022 ini, China sudah sedikit demi sedikit memenuhi target mereka.

Meski sejumlah gelar mayor gagal diraih, namun perlahan tapi pasti, China mulai menunjukkan dominasinya lagi di sejumlah turnamen.

"Rencana partisipasi turnamen luar negeri kami pada tahun 2022 adalah untuk memungkinkan pemain beradaptasi dengan ritme kompetisi, mendapatkan lebih banyak poin, dan memasuki siklus poin Olimpiade Paris dengan peringkat yang lebih menguntungkan," kata Zhang Jun dikutip Sportfeat dari Sohu.

Dari sektor tunggal putra misalnya, sektor terlemah sejak ditinggal pensiun Lin Dan atau Chen Long ini, mulai menunjukkan kebangkitannya sejak Kejuaraan Dunia 2022 lalu.

Kembalinya Shi Yu Qi menjadi sinyal positif. Apalagi pekan ini di Australian Open 2022, China malah sudah mengunci gelar tunggal putra lewat pertemuan Shi Yu Qi dan Lu Guang Zu.

Di tunggal putri, tak melulu Chen Yu Fei atau He Bing Jiao, kini nama Han Yue juga mulai melejit setelah juara di Hylo Open 2022.

China berambisi mengulang kesukesan mereka di ajang sekelas Olimpiade.

Untuk itu, persiapan mereka kali ini bukan hanya untuk jangka pendek, tapi juga jangka panjang.

"Tujuan kami di tahun 2023 sangat jelas, untuk melakukan pekerjaan dengan baik dalam perebutan poin Olimpiade dan berjuang untuk posisi yang lebih menguntungkan untuk Olimpiade Paris2024," tegas Zhang Jun.

"Pada saat yang sama, latih para pemain muda tim junior nasional, tim junior dan tim pelatihan, lakukan pekerjaan dengan baik dalam pembangunan kekuatan, dan persiapkan diri untuk Olimpiade Los Angeles 2028," tuturnya.