Find Us On Social Media :

MotoGP dan Rahasia Aspal Sirkuit yang Menentukan Kemenangan

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow saat tampil di Shakedown Test MotoGP 2023, Minggu (5/12/2023).

SportFEAT.com – MotoGP merupakan salah satu ajang olahraga yang banyak digemari orang-orang di seluruh dunia.

Raungan mesin motor kelas atas ditambah dengan teknik pembalapnya untuk memacu motor dengan kecepatan luar biasa menjadikan olahraga ini sebagai primadona.

MotoGP banyak menyimpan berbagai rahasia yang menarik buat dibahas, salah satu adalah aspalnya yang ternyata punya peran signifikan.

SportFEAT.com kali ini akan membahas berbagai hal menarik soal rahasia aspal MotoGP yang ternyata mampu menjadi faktor kemenangan dalam sebuah balapan.

Aspal Punya Peran Banyak Memberikan Kemenangan

Sudah menjadi hal lumrah bahwa bagian terpenting dari sepeda motor balap adalah bannya. Mengapa? Karena ban adalah antarmuka antara sepeda motor dan trek balap, jadi apa pun yang dilakukan insinyur terhadap mesin, sasis, dan elektronik tidak ada artinya jika motor tidak bisa jalan.

Namun fakta yang sering diabaikan adalah bahwa ban hanya 50 persen untuk memberikan kemenangan dan separuhnya lagi adalah trek itu sendiri.

Inilah sebabnya mengapa para insinyur dan pengendara mulai meningkatkan pengetahuan terhadap permukaan lintasan untuk melaju lebih cepat.

“Ban dan manajemen ban adalah kunci performa balapan yang bagus,” kata Jarno Zaffelli, pendiri Dromo, yang merancang dan menganalisa aspal sirkuit Silverstone, Termas de Rio Hondo, Sepang, dan Misano,” ucapnya.