Find Us On Social Media :

Kenalan dengan Turnamen Wimbledon, Turnamen Tertua di Tenis

Petenis asal Swiss, Roger Federer, melambaikan tangan kepada penonton saat menghadiri Centre Court Centenary Ceremony di sela-sela Wimbledon 2022 di The All England Tennis Club, Wimbledon, Inggris, 3 Juli 2022.

SportFEAT.com – Turnamen Wimbledon, atau hanya Wimbledon seperti yang lebih sering disebut, adalah turnamen tenis tertua di dunia dan bisa dibilang paling terkenal.

Sejak turnamen pertama digelar lebih dari satu abad lalu di tahun 1877, kejuaraan itu selalu digelar di All England Lawn Tennis and Croquet Club di Wimbledon, London dan berlangsung selama dua minggu pada akhir Juni - awal Juli.

Dari empat turnamen tenis tahunan besar yang dikenal sebagai Grand Slam, Wimbledon adalah satu-satunya yang masih dimainkan di lapangan rumput, dari situlah nama tenis rumput berasal.

Rumput juga merupakan permukaan yang menyediakan permainan tenis tercepat.

Dari tiga lainnya, Australia Terbuka dan AS Terbuka dimainkan di lapangan keras dan Prancis Terbuka dimainkan di lapangan tanah liat.

Awalnya turnamen ini sepi peminat di mana All England Club awalnya disebut All England Croquet Club ketika dibuka pada tahun 1869, tetapi sebagai permainan baru tenis rumput yang percabangan dari olahraga raket, perlahan olahraga ini mulai ramai.

Baca Juga: Daftar 5 Olahraga Paling Aneh di Dunia yang Bikin Heran

Di akhir abad ke-19, klub memutuskan untuk menyediakan lapangan tenis bagi pengunjungnya.

Pada tanggal 14 April 1877 Klub memperkenalkan yang pertama dari sejumlah perubahan nama menjadi All England Croquet and Lawn Tennis Club.